Manajemen Waze Indonesia

From Wazeopedia
Selamat Datang Selamat DatangPenyuntingan PenyuntinganKomunitas KomunitasTentang Tentang

Sejarah Waze Indonesia

Berikut adalah tanggal-tanggal penting untuk Komunitas Waze Indonesia:

2010

  • Komunitas Waze Indonesia didirikan

2014

  • Januari - Waze Indonesia menjadi salah satu anggota negara Waze yang berstatus "self-managed."
  • Mei - Menjadi negara pertama yang menerbitkan buku panduan Waze, walaupun bukan merupakan panduan resmi. Buku tersebut dapat dibeli di sini
  • September
    • Map Raid pertama di Indonesia di Kota Bandung, dan salah satu yang pertama di dunia!
    • Berikut adalah Liputan Map Raid langsung dari Kantor Pusat Waze

2015

  • Mei - Meetup Komunitas Waze se-Indonesia pertama diadakan

Badge Coordinator.png Country Managers

Saat ini, Waze Indonesia dikelola oleh Country Managers (CM) dan dibantu oleh Local Champs (LC) dan Island Managers (IM). Country Managers adalah penyunting-penyunting peta berpengalaman yang melihat berbagai aspek di dalam komunitas Waze Indonesia. Jika anda memiliki pertanyaan/memerlukan bantuan, mereka akan dengan senang membantu anda.

ci2212 Private message.png Global Champ
kukimonsta Private message.png Country CoordinatorGlobal ChampWiki Master
trev1881 Private message.png Local Champ

Badge LocalChamp.png Local Champs

Di bawah CM terdapat LCs yang bertugas untuk mengelola satu/lebih pulau/kepulauan di Indonesia. LCs ditunjuk oleh CMs, dan dapat berubah sesuai dengan kondisi yang ada.

LCs juga memiliki hak penyuntingan untuk seluruh Indonesia untuk melakukan tugasnya.

Pulau/Daerah Local Champ(s)
Sumatra Vacant
Jawa
elcitia Private message.png Local Champ
iamrioo Private message.png Country CoordinatorGlobal ChampMentor
Bali dan Nusa Tenggara
hardian_n Private message.png Local Champ
Kalimantan
heruya Private message.png Local Champ
h0kage Private message.png Local ChampMentor
Sulawesi dan Indonesia Timur
titosd Private message.png Local Champ

Island dan State Managers

Island Managers

Di bawah LCs terdapat IMs yang bertugas untuk mengelola satu pulau/kepulauan di Indonesia. IMs ditunjuk oleh CMs dan LCs sesuai konsensus, dan dapat berubah sesuai dengan kondisi yang ada.

IMs tidak memiliki hak penyuntingan untuk seluruh Indonesia, karena IMs ditunjuk untuk bertanggung jawab atas pulau yang telah ditugaskan.

IMs adalah seorang penyunting WME yang minimum level 4 dan memiliki kontribusi yang sudah signifikan untuk Waze Indonesia.

IMs harus berkoordinasi ke atas dengan LCs dan GCs, dan mengontrol serta mengelola SMs dan AMs yang ada dalam wilayah penugasannya.

State Managers

State Manager (SM) bertugas untuk mengelola satu provinsi dalam wilayah Indonesia. SMs ditunjuk oleh CMs dan LCs berdasarkan sejarah dan kontribusinya terhadap editing peta Waze Indonesia.

Penugasan SM ini berbasis waktu, yaitu selama satu (1) tahun. Pada akhir tahun, akan dilakukan evaluasi berdasarkan peningkatan kualitas peta pada provinsi tersebut. Hak SM dapat diperpanjang jika ada peningkatan kualitas peta Waze provinsi dimaksud, dan juga dapat dicabut jika terjadi penurunan kualitas peta provinsi tersebut.

Tugas-tugas utama seorang SM secara umum adalah:

  • Melengkapi dan mengecek nama, informasi dan posisi jalan-jalan dan tempat-tempat, terlebih tempat-tempat vital (seperti sekolah, instansi pemerintah, dan sebagainya)
  • Memeriksa dan memperbaiki konektivitas jalan-jalan di provinsi tersebut
  • Pengecekan berkala (1-2 minggu sekali) dan pembersihan MP, UR dan PUR
  • Pengecekan berkala terhadap penyunting-penyunting dan hasilnya di provinsi tersebut
  • Berinisiatif untuk berkomunikasi dengan penyunting-penyunting yang aktif menambahkan informasi jalan/tempat di provinsi tempat tugasnya, dan merangkul penyunting-penyunting yang tidak tergabung di Waze Indonesia untuk bergabung

Tabel berikut menjelaskan penugasan IMs dan SMs untuk Waze Indonesia.

Pulau IM(s) Provinsi SM(s)
Sumatra
yb6kos Private message.png
Aceh
Sumatra Utara
evan_chk Private message.png
Sumatra Barat
Riau
fensouna Private message.png
Kepulauan Riau (Kepri)
Jambi
Sumatra Selatan
desoleh Private message.png
lorynx10 Private message.png
Bengkulu
AndyLaode Private message.png
Lampung
bk482 Private message.png
Bangka Belitung
Jawa
GFM_Danny Private message.png Mentor
N/A - Hampir seluruh pengguna dan penyunting Waze berlokasi di pulau Jawa. Karena itu, Waze Indonesia tidak menugaskan SM untuk pulau Jawa
Kalimantan
harnowo Private message.png
Kalimantan Barat
eckosz Private message.png
Kalimantan Tengah
Kalimantan Selatan
irwstetj Private message.png
Kalimantan Timur
Rexxis Private message.png
Kalimantan Utara
Kalimantan Selatan
Sulawesi
NalaKaroKaro Private message.png
Sulawesi Utara
drie_ganbet Private message.png
Gorontalo
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
v13m4n Private message.png
Sulawesi Barat
Sulawesi Tenggara
Kepulauan Maluku Untuk sementara dipegang LC bersangkutan
Maluku
Maluku Utara
Papua
pollea Private message.png
Papua Barat
Papua
Kepulauan Nusa Tenggara Untuk sementara dipegang LC bersangkutan
Bali
oakleyboy Private message.png
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur

Area Managers

Keterangan

Manajer Area (AM) adalah seorang penyunting peta Waze yang berminat untuk aktif serta proaktif dalam mengelola suatu area peta yang spesifik luasnya. Ini berbeda dengan menjadi editor biasa sehingga untuk menjadi AM, ada kriteria dan proses verifikasi yang harus dilalui.

Perbedaan utama adalah AM bertindak sebagai pengatur, pengamat aktif, dan pemberi solusi (First Response Team) kepada tantangan yang timbul pada daerah yang telah dipilihnya.

Daerah yang dikelola AM akan otomatis hilang jika sudah tidak disunting lebih dari 90 hari.

Dalam penugasannya, AM harus berkoordinasi dengan IM dan SM. Selain itu, AM juga bertindak sebagai pembimbing pada rekan-rekan Wazer lainnya melalui forum ataupun langsung. Karena seorang AM adalah seorang Wazer yang ikhlas dan berkomitmen memberikan sumbangsihnya kepada rekan-rekan Wazer lainnya, AM mempunyai tempat yang terhormat di komunitas Waze Indonesia.

Kriteria

Karena Manajer Area diharapkan untuk menjadi pembimbing atau guru yang baik untuk rekan Wazer lainnya, Anda diharapkan mempunyai beberapa hal dibawah ini:

  1. Bersedia meluangkan waktu yang cukup untuk meningkatkan kualitas daerah peta yang dipilih dan atau daerah lainnya.
  2. Telah membaca dan memahami secara menyeluruh aturan-aturan editing yang terdapat di Wiki Waze dan Forum Waze Indonesia. Sehingga mengetahui penggunaan jenis-jenis jalan, junction dan landmark yang berlaku di WME Indonesia.
  3. Ikut Proaktif dan reaktif pada pembahasan dan usulan di salah satu kanal komunikasi Waze Indonesia, terutama di Forum dan Telegram. Jika anda ingin bergabung ke Telegram Waze Indonesia, silahkan hubungi salah satu editor senior Indonesia seperti tertera di atas.
  4. Berada pada tingkat minimum editor level 2, bergabung di WME lebih dari 3 bulan dan jumlah penyuntingan sebanyak 25.000 edit berkualitas, seperti contoh:
    1. Tidak membuat segmen-segmen merah
    2. Tidak mengejar poin dengan membuat, lalu menutup sendiri, UR-UR di peta yang tidak membangun peta
    3. Tidak mengejar poin dengan cara menutup UR tanpa melakukan apapun, membiarkan masalah di peta tidak terselesaikan
    4. Tidak menunggu menyelesaikan masalah setelah level penyuntingan naik, tetapi memprioritaskan integritas peta bagi kepentingan Wazer lain
  5. Mempunyai username/nama pengguna yang benar (bukan temp user/nama sementara) dan tidak dimulai dengan tulisan world_<random string> dan sudah memasukkan lokasi kota Anda pada halaman profil pengguna.
  6. Sadar bahwa AM dipilih untuk membantu dan bekerjasama dengan rekan-rekan editor lain atau Wazer di Indonesia sehingga penting bahwa Manajer Area mempunyai sifat sportif, empati dan kontribusi yang tinggi. Menghargai seberapa pun kecilnya upaya dan waktu yang dilakukan para editor lain adalah penting karena kita tidak berkontribusi sendirian.
  7. Terakhir tapi terpenting yaitu Prinsip WME yang utama adalah untuk memudahkan penggunaan aplikasi Waze pada pengguna, sehingga perlu diingat bahwa SIMPLICITY dan USABILITY adalah hal nomor satu yang wajib diduplikasikan kepada editor lain dan bukan untuk keindahan gambar peta.

Aplikasi

Silakan mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disediakan ini.

Permohonon akan diverifikasi oleh tim CM dan LC Indonesia dan hasil verifikasi akan didapat dalam waktu kurang-lebih 2-3 minggu. Jika Anda mempunyai pertanyaan, silakan mengirimkan PM kepada salah satu dari anggota tim Indonesia. Pengumuman berlaku sejak topik ini diterbitkan di forum Waze Indonesia.

Tingkat Penyunting

Waze Indonesia memiliki kriteria-kriteria sendiri dalam pengangkatan tingkat seorang penyunting, terlebih untuk tingkat 4 sampai 6.

Tabel di bawah menunjukkan kriteria-kriteria yang harus dilewati seorang penyunting peta dalam komunitas Waze Indonesia. Tabel ini berlaku efektif tertanggal 1 April 2016.

Tingkat Penyunting Kriteria
1 Sesuai aturan Waze Global
2 Sesuai aturan Waze Global
3 Sesuai aturan Waze Global
4 Sesuai [[1]] syarat-syarat kenaikan tingkat
5 Sesuai [[2]] syarat-syarat kenaikan tingkat
6 Sesuai [[3]] syarat-syarat kenaikan tingkat

Catatan untuk persetujuan kenaikan tingkat:

  • Waze Indonesia bertujuan untuk memperbaiki dan memperbaharui peta Waze di wilayah Indonesia. Karena itu, Waze Indonesia akan mendahulukan penyunting-penyunting yang lebih banyak menyunting peta Indonesia, dan bukan penyunting-penyunting yang mendapatkan poin/hasil dengan cara menyunting peta-peta negara lain kecuali Indonesia.
  • Khusus untuk kenaikan menjadi tingkat 6, penyunting tersebut tidak secara otomatis akan mendapatkan hak akses penyuntingan seluruh Indonesia. Hak penyuntingan seluruh Indonesia diberikan hanya kepada Local Champs.
  • Penyunting tingkat 6 memiliki hak untuk meminta hak edit seluruh indonesia. Akan tetapi, persetujuan akan permintaan itu menjadi hak Champs Indonesia berdasarkan sejarah penyuntingan dan partisipasi penyunting tersebut dalam komunitas Waze Indonesia.

Pemblokiran ID

Seorang Editor/User dapat diblokir ID-nya apabila Editor/User telah melakukan hal-hal yang tidak berguna/berbahaya untuk Waze Indonesia.

Champ Emeritus

Champ Emeritus adalah Champ-Champ yang dulu aktif membantu mengelola koordinasi dan manajemen Komunitas Waze Indonesia, tetapi sekarang sudah tidak lagi aktif.

kakmade Private message.png
rulikoto Private message.png